Pengertian Motivasi Dan Pentingnya Motivasi Hidup



Apa itu motivasi? 

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Atau bahasa gampangnya, motivasi itu adalah motivasi yang berasal dari dorongan suara hati atau hati nurani dan keyakinan bahwa dirinya akan berhasil mencapai cita-citanya.

Pentingkah motivasi hidup itu?

Ya, motivasi sangatlah penting dalam kehidupan. Pasalnya, banyak orang yang merasa dirinya memiliki kemampuan di suatu bidang dari dirinya, tetapi seakan kemampuan itu tidak terealisasi dengan baik sehingga tidak membuahkan hasil yang positif bagi dirinya. Mengapa demikian? Itu karena kurangnya motivasi hidup yang kuat pada dirinya untuk mencapai apa yang ia cita-citakan.

Sebagai contoh, Andi memiliki kemampuan bakat luar biasa dalam bermain sepakbola sudah dari usia 5 tahun dan kini sudah berusia 15 tahun. Nah, langkah berikutnya agar Andi dapat mengembangkan bakatnya dan bisa sukses di bidang tersebut adalah Andi harus memiliki motivasi hidup yang kuat. Jika Andi memiliki motivasi yang kuat tentunya Andi akan giat berlatih, mengikuti audisi-audisi agar bisa bermain di tingkat nasional bahkan internasional. Tanpa motivasi, boro-boro Andi akan sukses di bidang sepakbola, untuk berlatih saja pasti malas. Malas itulah yang menjadikan nasib seseorang kurang beruntung.

Terkadang manusia hanya menyalahkan nasibnya saja dalam kehidupan. Padahal jika dilihat dengan lebih seksama, semuanya itu terjadi bukanlah karena kurangnya kemampuan yang ia miliki namun karena kurangnya motivasi dalam kehidupannya . Motivasi  hidup ini merupakan suatu kunci sukses yang wajib dimiliki oleh tiap individu yang ingin sukses dalam kehidupan.

Cara untuk memotivasi diri dalam kehidupan sehari-hari :

1. Impian yang jelas

Impian merupakan suatu keinginan kuat dari dalam diri yang mana untuk meraihnya Anda akan mengeluarkan seluruh kemampuan dan daya upaya yang ada dalam diri Anda. Jangan pernah takut untuk mempunyai impian  karena setiap hal besar yang terjadi di dunia ini pastilah berawal dari mimpi dan impian. Dari impian ini barulah akan muncul suatu pemikiran dan dari pemikiran tersebut barulah muncul suatu tindakan. Jika bermimpi saja tidak berani bagaimana bisa muncul suatu tindakan yang dapat mewujudkan impian Anda.

2. Tulis dan gambar impian ke dalam sebuah buku

Hal ini bertujuan ketika tiap kali Anda merasa lelah ataupun ingin berputus asa, Anda dapat melihat dan membayangkan impian – impian yang akan Anda wujudkan. Atau dengan kata lain langkah ini merupakan suatu cara untuk mengubah focus Anda menjadi positif kepada impian Anda dan bukan terfokus pada masalah yang sedang Anda hadapi.

3. Lakukan Positive affirmation atau pengulangan

Kata-kata positif yang dilakukan secara terus-menerus, seperti 

  • Saya pasti bisa!
  • Saya tidak boleh gagal!
  • Saya harus semangat!
  • Tiada kesuksesan tanpa kegagalan!
  • Saya terlahir untuk menjadi seorang juara! 
Lakukan positive affirmation sesering mungkin, khususnya di pagi hari sebelum beraktivitas dan juga saat Anda mengalami kegagalan. Hal ini akan membangkitkan semangat Anda dalam upaya untuk meraih cita-cita Anda.

Wolf Singer, Michael Persinger dan V.S Ramachandran menemukan fungsi God Spot yang terintegrasi dalam otak manusia. Penemuan mengungkapkan bahwa God Spot sebagai pembimbing manusia untuk terus menerus mencari makna hidup. Manusia yang berhasil memaknai hidup ini dengan spiritualitas akan memotivasi dirinya untuk mengambil aktivitas yang terbaik, jauh dari perbuatan mendholimi orang lain, menebarkan kebaikan dan kemakmuran dalam mencapai impian.

4. Berdo'a

Nah, setelah Anda yakin memiliki kemampuan, ditambah lagi dengan kerja keras yang luar biasa untuk mencapai tujuan Anda, yang kurang dari ini adalah berdo'a. Mohon kepada Tuhan yang Maha Memberi rizqi dan jangan lupa minta restu orang tua. Tanpa Tuhan kita bukan siapa-siapa, begitupun tanpa orang tua kita bukan siapa-siapa.

Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini. Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga bermanfaat dan semoga Anda termotivasi untuk lebih semangat meraih cita-cita Anda.

"Hidup itu sederhana, tetapi kita yang membuat hidup ini menjadi rumit"

Masihkah Anda berpikir kalau hidup itu sulit?



First