Filosofi Matematika Dalam Kehidupan



Filosofi Matematika Dalam Kehidupan - Sebagian besar orang menganggap bahwa ilmu pengetahuan matematika adalah hanya ilmu untuk berhitung, berhitung, dan berhitung. Ratusan rumus yang sudah pernah Anda pelajari sejak duduk di bangku SD sampai dengan perguruan tinggi. Tetapi, pernah gak sih Anda bertanya kepada diri sendiri atau bertanya kepada guru Anda "Untuk apa pelajaran matematika selain untuk berhitung? apakah ada hikmah lain untuk kehidupan manusia?"

Disini saya akan berbagi pengetahuan tentang sebuah filosofi matematika, yang mana ini ada kaitannya dengan realita kehidupan manusia. Dan ini mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. Baiklah, simak saja penjelasannya dibawah ini!

Anda pernah kan belajar rumus seperti ini?
+ x + = + (PLUS kali PLUS sama dengan PLUS)
+ x – = – (PLUS kali MIN sama dengan MIN)
– x + = – (MIN kali MIN sama dengan MIN
– x – = + (MIN kali MIN sama dengan PLUS)

Nah, pernahkah Anda berpikir?
1. Mengapa PLUS di kali PLUS hasilnya PLUS?
2. Mengapa MINUS di kali PLUS atau sebaliknya
PLUS di kali MINUS hasilnya MINUS?
3. Mengapa MINUS di kali MINUS hasilnya PLUS?

Ini dia penjelasannya.

Hikmahnya adalah:
(+) PLUS = BENAR
(-) MINUS = SALAH

1. Dalam kehidupan manusia, Bila Anda mengatakan BENAR terhadap sesuatu hal yang BENAR adalah suatu tindakan yang BENAR.

Rumus matematikanya :
+ x + = +

2.Jika Anda mengatakan BENAR terhadap sesuatu yang SALAH, atau sebaliknya mengatakan SALAH terhadap sesuatu yang BENAR adalah suatu tindakan yang SALAH.

Rumus matematikanya :
+ x – = –
– x + = –

3. Jika Anda mengatakan SALAH terhadap sesuatu yang SALAH adalah suatu tindakan yang BENAR.

Rumus matematikanya :
– x – = +

Filosofi matematika diatas tepat sekali dengan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata pelajaran matematika bisa kita ambil sebagai pelajaran hidup. Kita tidak boleh mengarang sebuah keterangan yang tidak sesuai kenyataan. Berkata jujur itu lebih baik karena akan berakhir dengan baik, tetapi jika kita tidak bisa bersikap jujur maka hasil akhirnya akan min (-) atau bisa dikatakan tidak baik bagi diri sendiri dan orang lain. 

Sudahkah Anda menerapkan rumus ini dalam kehidupan Anda?